Sejarah Singkat SMP Negeri 1 Blitar

   Adalah sebuah bangunan tua berwibawa yang mempunyai segudang kenangan mulai dari penjajahan Belanda. Bangunan kokoh, megah artistic yang terletak di jalan Ahmad Yani No. 8 yang semula hanya mempunyai 8 gedung itu kini sudah menjadi sebuah fenomena yang banyak didambakan oleh masyarakat untuk bisa bersekolah atau menyekolahkan anaknya disitu yang dulu bernama sekolah menengah Blitar.

    Sebagai bangunan peninggalan jaman penjajahan, tentunya wajar kalau banyak arsip yang dihanguskan sebagai salah satu cara menghilangkan jejak. Sebagai akibat penghangusan arsip-arsip itu maka pihak SMP Negeri 1 agak kesulitan mencari data tentang kapan berdirinya SMP Negeri 1 Blitar.
 
   Setelah dilakukan berbagai upaya untuk mendapatkan data yang bisa dipakai (terus terang data yang kami gali ini kami batasi sejak sekolah ini bernama Sekolah Menengah Blitar/setelah merdeka, karena menurut cerita secara lisan, sekolah yang kami tempati ini ada pada jaman Belanda juga sudah dipakai sekolah oleh anak-anak keturunan Belanda sehingga kami sangat kesulitan jika mulai menggali pada jaman Belanda). Setelah upaya pencarian data dilakukan, ditemukan raport atas nama Moesri, Seorang pensiunan guru SD yang dulu merupakan tamatan Sekolah Menengah Blitar.
 
 
 
    Tertulis di raport Moesri kecil yang masa kecilnya tinggal di Ngadirejo, bernomor indul 014, sangat dimungkinkan bahwa Moesri kecil merupakan angkatan pertama di Sekolah Menengah Blitar. Pernyataan ini juga didukung oleh seorang murid lain yang bernama Ibu Permi yang bernomor induk 015, tetapi sayang data-data beliau sudah habis terbakar.
 
 
 
    Pengambilan tanggal 19 Agustus berdasarkan pada tanggal tamat tahun pelajaran 1946/1947 maka awal tahun ajaran baru diperkirakan pertengahan Agustus, pertengahan Agustus 1946 yang menunjukkan hari senin adalah tanggal 19 agustus tepat pada hari senin pon menurut penjelasan Beliau saat duduk di kelas satu, tidak mengalami hambatan(tidak ada peristiwa yang membuat sekolah harus berhenti) seperti yag beliau alami di kelas dua.
 
 
 
 
    Pernyataan kronologis seperti yang dipaparkan diatas, bukan merupakan satu hal yang mutlak. Kami sebagai Warga SMPN 1 yang benar-benar ingin tahu secara pasti kapan berdirinya sekolah kami, masih membuka masukan yang disertai data akurat tentang berdirinya sekolah kami. Jika suatu hari nanti memang benar-benar ditemukan data yang lebih akurat dan otentik mengenai tanggal lahir sekolah kami selain tanggal 19 Agustus 1946, maka penetapan tanggal 19 Agustus sebagai tanggal lahir skolah kami dianggap tidak berlaku dengan sendirinya. 
 
 
 
Kepala Sekolah
1.
 
 
2.
 
 
3. Kusno Adi (Perionde1970-1980)
 
 
 
4. Darsono, BA (Perionde1980-1989)
 
 
 
5. Isman, BA  (Perionde1990-1993)
 
 
 
6. Marjono, BA (Perionde 1993-1996)
 
 
 
7. Drs. Pratignyo Yitno S. (Perionde 1996-2001)
 
 
 
8. Iskandar (Perionde2005-2009)
 
 
 
9. Sudjarwo S.Pd, MM (Perionde2005-2009)
 
 
 
10. Drs. Haryanto Al Edy S, MM (Perionde2009- Sekarang)
 
 
 
 

 

 
Top Downloads